Perbedaan Mencolok Murai Batu Jantan Dan Betina

Diposting pada

Perbedaan Mencolok Murai Batu Jantan Dan Betina –┬áBurung kicauan memang tengah naik daun pamornya. Dimana banyak jenis burung kicauan yang dijadikan koleksi untuk dijadikan bakalan disetiap kejuaraan burung kicauan. Selain itu saat ini juga banyak yang berminat untuk membudidayakan burung kicauan. Hal tersebut tidak terlepas tingginya permintaan pasar.

Perbedaan Mencolok Murai Batu Jantan Dan Betina

Salah satu burung yang menjadi idola para pecinta burung kicauan adalah burung murai batu. Jenis burung ini juga dikenal sebagai burung ekor panjang. Yang menarik dari murai batu ini tidak hanya warna bulu dan ekornya yang panjang, namun yang paling memikat hati para pecinta burung adalah suara kicauannya yang merdu dan memiliki variasi suara yang cukup bervariasi. Hal tersebut dikarenakan murai batu ini mampu menirukan kicauan suara burung lainnya. Sebagai postingan perdana dan perkenalan dari situs burunghias.com Berikut ini akan kami bagikan bagaimana cara menentukan perbedaan mencolok murai batu jantan dan betina.

Perbedaan Mencolok Murai Batu Jantan Dan Betina

Untuk memiliki murai batu jagoan disetiap perlombaan tentunya perlu mengetahui jenis kelaminnya terdahulu. Pasalnya murai batu jantanlah yang mampu menirukan suara masteran dengan baik dibandingkan sang betina. Tidak hanya itu fungsi mengetahui perbedaan murai batu jantan dan betina juga dimanfaatkan untuk pembudidayaan burung kicauan ini.

Salah satu cara membedakan murai jantan dan betina adalah dengan membandingkan ukuran tubuh. Dimana murai jantan lebih besar dibandingkan betina. Dari segi warna bulunya, sang jantan memiliki warna hitam yang lebih pekat dan mengkilat, begitu juga dengan warna coklat pada bulu di bagian dada juga lebih gelap dibandingkan betina. Pembeda murai batu jantan dan betina adalah pada bagian ekor.

Sang jantan memiliki ukuran ekor yang lebih panjang dengan bulu yang lebih tebal, sama halnya dengan bagian kakinya. Dimana kaki sang jantan relatif tebal, panjang dan kokoh dibandingkan betinanya.

Perbedaan mencolok murai batu jantan dan betina selanjutnya ukuran kepala jantan lebih besar. Sedangkan posisi mata sang jantan lebih menonjol keluar, sehingga terlihat seperti melotot. Jika dibandingkan keduanya dari segi suara, sang jantan memiliki suara yang lebih lantang dan bervariasi. Pasalnya suara sang betina cenderung pelan dan monoton. Tidak hanya itu saat diraba pada bagian tulang pubis sang jantan terasa lebih keras dibandingkan betinanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *